Allegiance

  • Tayang perdana: 5 Februari 2015
  • Network: NBC
  • Pemain: Hope Davis,  Scott Cohen, Gavin Stenhouse, Margarita Levieva
  • Genre: Spy Drama
  • Episode: 13
  • Rating: 5/5

Akhirnya selesai sudah drama seri yang sangat seru dan bagus ini.  Film seri yang dirilis stasiun NBC ini sarat dengan adegan yang membuat deg-degan, dalam arti setiap langkah yang diambil terlalu sangat berisiko dan penonton yang menyaksikan akan menjerit dalam hati, ‘Awas nanti ketahuan’, ‘Awas nanti tertangkap’. Semacam itulah. Tegang dan unik. Mengapa disebut unik?

Karena film ini berkisah  tentang sebuah keluarga imigran Rusia yang ingin menjalani hidup baik-baik di negeri Paman Sam. Mereka bukan sembarang keluarga tetapi karena terjebak dalam pusaran spionase dan mafia Rusia, mengakibatkan mereka terlibat, terlebih Katya yang mantan anggota KGB semasa mudanya. Keluarga ini terdiri dari Mark (ayah), Katya (Ibu), Natalie ( anak pertama), ALex (anak kedua) dan Sarah (bungsu).

Ketenangan mereka terganggu dengan kemunculan salah satu anggota sleeper cell Victor yang ingin agar Alex yang bekerja sebagai analis Rusia di CIA ini ikut fanart_ver3mencegah sepak terjang dinas rahasia CIA agar tidak menangkap mafia Rusia sekaligus bos Victor, The Rezident. Ketegangan selalu melanda karena keluarga ini harus selalu kucing-kucingan demi memonitor pergerakan para anggota CIA yang berusaha mencari kemana saja jejak anggota mafianya yang berkhianat. Katya tak ingin Alex tahu bahwa dirinya adalah seorang spionase yang selalu mengamati gerak-gerik anaknya. Di satu sisi Katya benci dengan ulah Victor yang menjerumuskan keluarganya ke dalam lingkaran mafia tapi di sisi lain ia harus lakukan demi melindungi Alex, sang putra yang sangat berbakat dalam menganalisis suatu kasus di CIA.

Seperti kebanyakan drama spionase, pasti akan selalu ada yang namanya penyamaran, saat-saat menyelundupkan barang atau orang dan sosok-sosok yang dicurigai entah kawan atau lawan. Seakan kita harus selalu berhati-hati pada saat berhadapan dengan orang asing karena bisa saja ia adalah musuh. Keseruannya adalah penonton ikut menebak siapa dia, ada di pihak mana, dan apa motivasinya.

Alur cerita pada awalnya sangat tidak menarik menurut saya terutama di episode 1 sampai 4. Entah ingin memberi kejutan atau belum menggebrak. Saat menontonnya pun saya menganggapnya biasa. Namun karena saya melihat ratingnya yang tinggi di situs IMDb, drama ini membuat saya penasaran dan lanjut menonton. Dan di paruh kedua pelan tapi pasti saya menjadi begitu lekat dengan tokoh-tokohnya dan tak sabar menanti  kelanjutannya. Tokoh bernama Alex sangat menarik karena sosok ini sangat naif, pencemas, penakut, dan menjadi sasaran empuk  bagi lawan (The RezideAllegiance-S1-Image4nt) tapi juga pintar dalam menganalisis sesuatu. Sebuah paradoks memang. Saya rasa ini mungkin suatu terobosan cerita dimana persaingan industri film di sana sangat ketat dengan ragam tema yang nyaris serupa. Spionase digabungkan dengan mafia Rusia adalah bumbu baru  untuk menarik penonton selain juga didukung dengan skenario yang bagus. Oh ya film ini merupakan adaptasi dari drama seri televisi Israel  The Gordin Cell .

Overall,  drama seri ini sangat menjanjikan. Penuh ketegangan, ada intrik, tembakan dan ledakan. Dan menjelang episode-episode terakhir  seperti ada perasaan tak ingin menyaksikannya karena khawatir sang musuh akan berhasil mencelakakan keluarga ini. Tapi toh harus disaksikan agar terpuaskan dan who knows akan dilanjutkan lagi ke musim kedua dan seterusnya.

 Kabar terakhir:  pihak studio tidak memperpanjang serial film yang menarik ini. How sad.

Silakan komentar