Aneka Candi di Malang yang Tidak Kalah Keren dengan Bromo atau Jatim Park

Saat ini, kawasan Malang menjadi destinasi favorit para wisatawan domestik. Setiap tahunnya, selalu ada beragam lokasi wisata baru yang ada di Malang. Selain wisata urban yang menjadi unggulan, wisata alam di Malang juga cukup menjanjikan. Namun, potensi wisata sejarah yang ada di Malang ternyata juga cukup besar.

Salah satu wisata sejarah yang banyak terdapat di Malang adalah candi peninggalan kerajaan-kerajaan besar yang berkuasa di wilayah Jawa Timur dulu. Aneka candi yang berada di Malang di antaranya adalah:

Candi Jago

Sumber: TripTrus.com

Terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, nama candi ini diambil dari kata Jajaghu yang berarti keagungan. Candi ini oleh masyarakat sekitar disebut sebagai Cungkup. Permukaan candi ini semuanya tertutup oleh relief yang menceritakan tentang kepergian. Diduga, candi ini dibuat atas mangkatnya Sri Jaya Wisnuwardhana.

Candi Singosari

Merupakan satu-satunya candi yang tersisa di bekas pusat Kerajaan Singosari. Candi yang terlihat seperti memiliki 2 tingkat bangunan ini, sering disebut juga sebagai Candi Menara. Bisa jadi, Candi Singosari ini dulunya memang merupakan bangunan candi yang tertinggi di antara candi-candi lainnya yang sudah rata dengan tanah.

Candi Jawar Ombo

Bangunan candi ini bisa dibilang sebagai temuan baru. Candi Jawar Ombo baru disadari keberadaannya oleh penduduk baru pada tahun 1983. Pada saat ditemukan, candi ini memang dalam keadaan yang terbenam. Relief yang ada pada candi ini berbentuk teratai dan tapak dara.

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan tidak memiliki relief atau tangga pada bagian-bagiannya. Candi ini merupakan candi tunggal yang berdiri sendiri. Candi ini dibentuk sebagai wujud dari stupa utuh yang melambangkan pencapaian nirwana. Candi ini berlokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari.

Candi Kidal

Candi Kidal merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi Raja Anusapati. Candi ini diperkirakan sebagai candi pemujaan tertua yang ada di Jawa Timur. Candi Kidal terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, 20 Km dari Kota Malang.

Candi Songgoriti

Lokasi wisata sejarah ini masih berada di dalam kompleks Taman Rekreasi Tirta Nirwana Songgoriti, Kota Batu. Dibangun di atas sebuah sumber mata air panas, lokasi candi juga menjadi pemandian air panas yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. Masyarakat sekitar banyak yang menyebut candi ini sebagai Candi Supo.

Candi Badut

Candi dengan nama lain Liswa ini dipercaya sebagai candi yang paling pertama dibangun di Jawa Timur. Candi ini juga diyakini sudah lebih dulu ada sebelum pemerintahan Raja Airlangga. Jarak antara candi ini dengan Kota Malang hanya berjarak sekitar 5 Km saja. Lokasinya ada di Desa Karang Bekusi, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Kompleks Percandian Gunung Arjuna

Percandian di Gunung Arjuna dibagi menjadi dua grup besar, yaitu Grup Sepilo dan Grup Indrokilo. Di Grup Sepilo, terdapat Batara Guru, Candi Kembang, Candi Lepek, Candi Wesi, Hyang Semar, Makutarama, Patung Lesung, Rancang Kencana Rhawatu, Sepilo, dan Candi Watu Ireng. Grup Indrokilo mencakup Candi Laras, Gua Gambir, Indrokilo, dan Satrio Manggung.

Petirtaan Watu Gede

Berbeda dari wisata sejarah lainnya, tempat ini berupa pemandian kuno berbentuk persegi panjang. Kolam yang ada dibangun menggunakan batu bata berukuran besar. Dahulu, kolam ini merupakan pemandian khusus bagi raja dan putri-putri dari Kerajaan Singosari. Air yang ada di kolam pemandian ini sangatlah jernih dan suasana yang ada di sekitar kolam juga sangat teduh dan asri, cocok digunakan sebagai tempat peristirahatan sejenak.

Bila ingin berada di Malang lebih lama lagi, sebaiknya segera pesan hotel di Malang sebagai tempat menginap bersama dengan keluarga. Pesan dengan menggunakan aplikasi Airy Rooms yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Jaringan hotel terbesar di Indonesia ini telah berpengalaman dalam menyediakan beragam hotel murah dengan fasilitas terbaik.

Pembayaran biaya hotel juga bisa dibayarkan dengan transfer antar bank, melalui gerai Indomaret, atau menggunakan kartu kredit.

Silakan komentar