Baturaden, Tempat Wisata Khas Purwokerto yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Berkunjung ke Pulau Jawa tidak selalu harus mengunjungi kota-kota besar nan padat penduduk, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya atau Semarang. Berbagai kota kecil lainnya di pulau ini juga layak untuk dikunjungi. Terutama jika Anda memiliki rencana untuk menghabiskan waktu berwisata bersama teman atau keluarga.

Kota Purwokerto adalah salah satunya. Kota yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas ini sangat layak dikunjungi untuk berwisata bersama keluarga. Mengapa? Ya, dengan berkunjung ke Purwokerto, Anda bisa menemukan berbagai wahana wisata yang cocok untuk keluarga. Bahkan, kota yang marak akan institusi pendidikan tinggi ini kerap disebut sebagai Kota Wisata.

Bagi Anda yang berdomisili di Jabodetabek dan ingin menginjakkan kaki di kota ini,  Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan sarana kereta api yang telah disediakan PT KAI (Kereta Api Indonesia).  Anda bisa berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir. Jika ingin merasakan kenyamanan saat menempuh perjalanan, maka ada baiknya untuk memilih Gambir sebagai stasiun pemberangkatan awal.  Pasalnya, dengan kereta api Eksekutif yang diberangkatkan dari stasiun ini, Anda bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik, dibandingkan bila menumpang dengan kereta ekonomi atau bisnis yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Anda akan menghabiskan waktu minimal empat hingga enam jam untuk tiba di Purwokerto dengan menggunakan kereta api dari Jakarta.  Anda pun bisa mendapatkan tiket kereta api tujuan Purwokerto dengan melakukan pembelian langsung di stasiun kereta asal, atau membelinya secara online, seperti di situs web Traveloka.

Anda bisa booking tiket kereta api secara online dengan mudah dari ponsel atau komputer milik Anda sendiri. Anda hanya perlu memilih jadwal keberangkatan dan tujuan perjalanan dengan sekali klik. Selanjutnya, tiket kereta api online sudah bisa menjadi milik Anda pasca pembayaran dengan menggunakan e-banking atau ATM debit. Untuk proses yang lebih mudah dan harga yang lebih murah, Anda bisa membeli tiket kereta api melalui Traveloka.

Sumber:wikimapia.com

Jika tiket sudah di tangan, maka Anda bisa menyusun rencana perjalanan menyusuri Purwokerto, bukan? Nah, kira-kira tempat wisata apa yang wajib Anda kunjungi saat berada di kota ini?  Tak lain adalah Wana Wisata Baturaden.  Area wisata Baturaden merupakan satu kawasan wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi pertama kali saat berada di Purwokerto. Di tempat ini Anda bisa menjelajahi hutan, berkemah, sekadar menyusuri hutan atau melamun. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, waktu liburan Anda bersama keluarga akan terasa lebih menyenangkan.

Baturaden merupakan kawasan wisata paling terkenal se-Purwokerto. Kawasan yang terletak di Karangmangu, Kabupaten Baturaden, Banyumas ini memiliki berbagai area wisata yang sangat tepat untuk dinikmati bersama teman dan keluarga. 

Anda bisa merasakan hawa yang sejuk saat berada di Wana Wisata Baturaden.  Pasalnya lokasi wisata ini terletak tepat di lereng Gunung Slamet yang bisa memberikan hawa yang sejuk dan segar. Cukup dengan menempuh perjalanan selama 15 menit dari pusat kota Purwokerto, Anda sudah bisa menikmati lokasi wisata outdoor ini.   Sebagai kontribusi, saat memasuki kawasan ini Anda harus membayar Rp8.000 di pintu masuknya.

Nah, wahana wisata apa saja yang bisa kita temui di Wana Wisata Baturaden?  Simak ulasan berikut ini.

  1. Pancur 3 dan Pancur 7
    Bagi yang pernah berwisata ke Ciater Jawa Barat tentu tak asing dengan sumber mata air hangatnya. Untuk kawasan Jawa Tengah khususnya Baturaden,  Pancur 3 dan Pancur 7 merupakan sumber mata air hangat yang layak Anda coba. Anda harus melalui belasan anak tangga saat ingin menemukan kedua sumber mata air ini. Namun, kedua tempat ini letaknya tidak berjauhan. Bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya kehangatan di tengah udara dingin pegunungan, kedua tempat ini sangat baik untuk Anda. Bahkan Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari air belerang yang keluar dari sumber mata air hangat ini.
  2. Baturaden Adventure Forest
    Jika Anda ingin tantangan di masa liburan kali ini, maka Baturaden Adventure Forest bisa menjadi solusi terbaik buat Anda. Dengan berkunjung dan turut serta dalam permainan petualangan outdoor di tempat ini,  Anda akan merasakan kebahagiaan dan relaksasi yang luar biasa sekaligus memacu adrenalin.
  3. Kaloka Widya Mandala
    Sudah lama tidak membawa anak, adik, atau keponakan ke kebun binatang? Inilah saatnya untuk menyenangkan hati mereka. Dengan berkunjung ke kebun binatang Kaloka Widya Mandala, Anda bisa menemukan berbagai spesies hewan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
  4. Teater Alam Baturaden
    Anda bisa menemukan sebuah pesawat Foxer 28 milik Garuda Indonesia di Teater Alam Baturaden ini. Pesawat yang ditempatkan di lahan seluas 600 meter ini akan memberikan pengalaman menikmati film singkat langsung dari dalam pesawat. Setiap film di sana menceritakan tentang alam dan budaya Indonesia.

Itulah sekilas gambaran tentang objek wisata yang terdapat di Baturaden yang bisa menjadi referensi liburan Anda saat berada di sana terlebih untuk mengisi libur Lebaran nanti. Jadi, kapan Anda akan beranjak ke kota ini?

Silakan komentar