Antara Kabel dan Tagihan

Beberapa hari lalu saya  pergi ke kantor Plastel guna mengurus masalah yang nyaris membuat tidak tenang sebelumnya. Bukan apa-apa, ini masalahnya penting karena menyangkut uang. Setelah direpotkan dengan masalah  yang dulu, ternyata saya masih direcoki lagi dengan kasus lain yakni tagihannya. k12912593Singkat cerita, internet memang kelihatan pulih. Catat ya, ‘kelihatan’ maksudnya setelah ditangani  teknisi kita bisa langsung berbrowsing-ria dan merasa lega. Tapi…kenikmatan itu gak lama. Selang seminggu saja kita menikmati internet lancar. Sesudahnya mulai ada gangguan lagi seperti dulu. Selalu begitu. Kadang aktif kadang tidak. 

Dan kondisi ini sangat menjengkelkan terutama bagi kita yang 80 persennya bekerja dengan internet. Karena sangat butuh, saya menghubungi lagi dan kali ini seorang petugas  datang khusus menangani perkabelannya. Menurutnya  internetnya tidak ada gangguan. Justru kabel teleponlah yang harus diperbaiki. Memang, kalau kita menelepon selalu ada suara semacam kresek, kresek yang  mengganggu percakapan. Petugas akhirnya menawarkan untuk mengganti kabel dan kita sebagai pihak  pemakai dibebani biaya sebesar Rp. 105.000. Setelah itu kondisi memang pulih  dan lancar tak ada gangguan sama sekali. Lalu, urusan kelar? Belum.

Saat membayar tagihan  bulanan ternyata jumlahnya  lebih besar dari biasanya. Ada apa ini?  Usut punya usut  rupanya tagihan membesar akibat ulah marketing yang langsung  mencharge  biaya pemakaian program triple play yang sama sekali tidak saya nikmati.  Sejak tahun kemarin BUMN ini gencar menawarkan program pemakaian triple playnya pada konsumen berupa  nelepon gratis 1000 menit, internet dan nonton tivi sekaligus. Seperti yang dilakukan  provider sebelah. k6918756Untuk membereskan masalah kelebihan  tagihan butuh pemahaman tersendiri karena kita akan berhadapan dengan hitungan-hitungan antara pemakaian biasa untuk telepon, SLJJ, internet, pemakaian gratis (akibat  promo program triple play) dan biaya restitusinya. Meski jelas tapi agak membuat pening dan repot karena sebagai orang awam, yang saya tahu adalah uang kelebihan itu harus kembali. Memang kembali sih, tapi dalam wujud tagihan bulan ini lebih kecil akibat restitusinya 🙁

Penting:

  • Bila ada penawaran apa pun jenisnya lebih baik kita bersikap asertif dengan menyatakan  ya atau tidak  tertarik. Dilarang bersikap abu-abu karena ini akan jadi celah bagi pihak pemberi tawaran ( marketing ) dan menganggap kita menyetujui program penawarannya.
  • Bila internet mati belum tentu gangguan berasal dari luar (hujan, angin dsb) . Bisa saja akibat kondisi di dalam seperti pesawat telepon (landline), posisi, atau kabel. Dalam kasus saya, penyebab utamanya kabel yang sudah berumur dan memang perlu diganti.
  • Jika ada gangguan internet lebih aman minta teknisi datang. Daripada salah utak-atik akibat mengikuti petunjuk dari mbah Google yang pada akhirnya malah tambah gak ngerti 😛

Silakan komentar