Gaya Hidup dan Selera Baru Bu Karto: New Grand Veloz

Suatu pagi tetangga saya yang bernama Bu Karto  lewat dengan membawa sesuatu. Ia tergesa-gesa dan bolak-balik saja diantara rumah dan jalan besar. Saya pun bertanya, ” Mau pergi kemana, Bu?” Bu Karto menjawab sambil menenteng kopor  yang kelihatannya berat itu.   ” Aduh, begini ini kalau gak punya mobil, saya harus manggil taksi untuk mengantar cucu, waktunya sudah mepet banget gak keburu nih”.

Rupaya Bu Karto akan mengantar cucunya  pulang setelah menginap selama weekend. Bagi Bu Karto kedatangan kerabat atau cucu  sudah merupakan hal yang biasa. Ia selalu senang dan tak merasa direpotkan. Satu-satunya yang merepotkan hanya masalah transportasi untuk antar jemput. Taksi yang sudah dipesan sejak semalam lama sekali munculnya. Apalagi kemacetan di jalanan ibukota di saat berangkat kerja sudah menciptakan momok tersendiri. Tapi mau bagaimana lagi?

Bu Karto sadar ada ‘kekurangan’ di rumahnya. Ia tak punya mobil. Dan kini setiap ingin mengantar jemput  cucu yang ingin menginap selalu saja menjadi persoalan tersendiri.

Pertemuan di pagi hari berlalu begitu saja. Namun  tepat seminggu setelah saya menyapa Bu Karto,  ada sesuatu yang baru di depan rumahnya. Selidik punya selidik  ternyata itu adalah kendaraan yang  sangat  keren.

“Waah, Ibu beli mobil baru  dimana, berapa? ” tanya saya. Ia hanya tersenyum dan menjawab “Tenang, semua akan saya katakan”. Lalu Bu Karto pun bercerita dan saya mengangguk-angguk…

***

Saya terkesan dengan perbincangan  kemarin. Rupanya kendaraan yang dipilih  Bu Karto ini adalah  mobil keluarga Indonesia yang sangat  menawan.  Menurut Bu Karto, ia tadinya ingin membeli Grand New Avanza saja karena kendaraan ini adalah mobil yang cocok untuk Indonesia dan rasanya sangat  nyaman dikendarai. Apalagi dengan sering datangnya para cucu, kadang ada keinginan untuk mengajak mereka jalan-jalan atau berekreasi.

Budaya orang Indonesia yang selalu ingin dekat dan beramai-ramai bersama keluarga  saat bepergian telah mendorong bermunculannya kendaraan  keluarga. Tapi untuk memiliki sebuah mobil bagi rakyat Indonesia hal itu menjadi agak sulit. Dibanding negara-negara lain, Indonesia sangat rendah dalam hal kepemilikan mobil. Bahkan untuk kawasan Asia sekalipun.

chart countryaOut
sumber:www.pewresearch.org

Namun itu bukan berarti tidak adanya minat  atau keinginan. Orang Indonesia cenderung lebih menyukai kendaraan yang multi fungsi dan bisa membawa orang dan barang dalam jumlah banyak sekaligus. Mobil keluarga menjadi  jenis yang paling digandrungi alias favorit  sepanjang masa dan animo pembelinya selalu tinggi. Hal-hal paling mendasar dalam memilih mobil keluarga adalah faktor keamanan, kenyamanan, bahan bakar, dan mesin yang responsif. Kesemuanya  mampu disediakan oleh Grand New Avanza maupun Grand New Veloz.

Kalau sebelumnya kita telah begitu akrab dengan Avanza alias mobil sejuta umat, maka kali ini ada yang lebih baru lagi  diperkenalkan yakni Grand New Avanza. Sebagai kendaraan berkategori low-MPV, mobil  ini menawarkan sesuatu yang lebih  anyar. Dengan reputasi  kelarisan penjualan yang mampu mencapai 1,3 juta unit sejak peluncurannya pada 2004,  tak ayal jenis mobil ini memang benar-benar idola orang Indonesia.

Tampilan Grand New Avanza semakin kokoh dan percaya diri berkat  desain New Radiator Grille dengan chrome garnishnya. Lampu depan terlihat elegan untuk penerangan optimal. Panel dasbor warna beigenya yang manis, kabin yang nyaman dan senyap dilengkapi sistem audio Advanced baru dan layar sentuh 6.1″ untuk DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan iPod.

Grand New Avanza  kali ini makin fungsional. Beberapa fitur tambahan diberikan untuk  mobil ini. Pada Avanza sebelumnya, desain jok di baris kedua dan ketiga meski bisa dilipat tapi tetap terasa sumpek  di dalamnya.  Lain dengan Grand New Avanza. Kini jok bisa dilipat satu persatu sesuai kebutuhan. Kalau penumpang di belakang hanya satu orang sementara barangnya banyak, maka jok di baris dua dan tiga bisa dilipat dan ditempati barang. Apalagi tuas penggesernya cukup mudah digunakan. Dengan fitur ini kita bisa  membawa mobil secara fleksibel baik untuk berlibur, ke kantor, mengantar jemput anak sekolah atau pada saat pindahan rumah yang memerlukan ruang bagasi lebih luas.

Ngomong-ngomong tentang  rekreasi, tiba-tiba saja Bu Karto merasa tak hanya sekadar membutuhkan lebih banyak ruang kabin yang lega dalam mobilnya tapi juga ingin menyenangkan hati para cucunya yang sudah remaja. Dengan berpikiran seperti itu, Bu Karto segera mencari jenis kendaraan yang lebih sporty  serta berjiwa muda dan itu ditemukan pada  mobil generasi baru dari Toyota Veloz yakni Grand New Veloz.

Bila dibandingkan dengan Grand New Avanza yang  lebih cenderung sebagai alat transportasi maka Grand New Veloz telah melampaui itu semua. Secara kasat mata, tampilan kendaraan ini sangat modern dan elegan. Mobil dengan exterior dan interior dan trendy lifestyle ini benar-benar bikin kita berdecak kagum.

8revisiOut

Desainnya sangat berkelas mulai dari eksterior, interior, penampilan, keselamatan, dan kenyamanannya. Grand New Veloz adalah mobil untuk keluarga stylish dan menawarkan gaya berkendara yang berbeda.  Mobil ini  terlihat lebih sporty serta  berkarakter sehingga menjadikan kita pusat perhatian terutama untuk bagian radiator grille nya yang menyatu dengan lampu kabut di kiri dan kanan yang makin stylish karena diberi  lapisan garnish.

Untuk bagian interiornya  kita akan terpesona dengan panel dasbornya yang berwarna hitam. Kesan yang terungkap terasa lebih sporty dan stylish. Suasana dalam kabin pun terasa lapang .  Meskipun  sporty,  Grand New Veloz tetap menomorsatukan kenyamanan penumpangnya. Kursi baris keduanya bisa disesuaikan demi keleluasaan penumpang. Baris kedua dan ketiga  menggunakan folding terpisah 50:50  yang cukup muat untuk 7 penumpang dan barang. Selain itu  roda kemudinya yang berlapis kulit cukup memberi nuansa berkelas dan elegan.

sabuk

Dengan performa mesin Dual VVT-i yang irit bahan bakar mobil ini cukup  responsif   mengantisipasi  kondisi BBM yang sangat tak menentu di negeri ini. Untuk Grand New Veloz kini tersedia mesin berkapasitas 1.300 cc dengan transmisi otomatis dan manual. Dan Bu Karto agaknya tertarik dengan mesin 1.300 cc yang lebih sporty ini.

mesinvelozOut

Saat mengajak cucunya, Bu Karto juga mempertimbangkan  keselamatan dan keamanan mereka semua. Adanya dual airbag dan sabuk pengaman serta force limiter mampu mencegah cidera fatal saat terjadi benturan. Demikian pula Sistem ABS ( Anti lock Braking System), Side Impact Beam  yang melindungi dari benturan samping dan tak ketinggalan Isofix (keselamatan bangku anak-anak)  yang sangat berguna untuk cucunya yang masih balita.

isofix

Lalu yang bikin berkendara dengan aman adalah adanya Immobilizer Key yang menjamin keamanan dari pencurian.

keyOut

Kesemuanya memberi kepuasan dan  jaminan  yang lebih baik. Dan setelah mendengar cerita Bu Karto tentang Grand New Veloz itu, saya jadi tak sabar untuk mendatangi dealer mobilnya. Terbayang saya pun makin merasa stylish dan sporty bila mengendarai kendaraan itu.

womantalkOut

 

***

Avanza Veloz Blog Competition 2015

One Comment Add yours

Silakan komentar