Uncategorized

Harapan di Tahun 2020

Harapan di Tahun 2020

Ya, tahun 2020 sebentar lagi tiba, tepatnya 2 hari lagi sejak saya menulis tentang ini. Kebanyakan yang ditulis pasti tentang resolusi atau kesan-kesan selama menjalani tahun 2019 ini. Kali ini tidak.

Kalau soal resolusi rasanya sudah sering diutarakan bahkan disusun dari yang tidak masuk akal hingga bisa atau sanggup dijalani. Paling tidak ada usaha untuk memperbaiki diri dan menambal yang masih berlubang-lubang alias kekurangan yang masih ada di sana-sini, iya kan?

Setelah melalui berbagai cobaan dan kesulitan, pikiran yang tertinggal hanyalah bagaimana menyikapinya dengan bijak dan tenang. Rasa syukur karena telah melampaui semuanya adalah hal yang patut diingat. Ada yang perlu ditanam dalam benak karena penting sebagai pembelajaran sekaligus kenangan, ada juga yang harus ditinggalkan, dilupakan, dan jangan sampai terulang lagi.

Hal menyenangkan diantaranya adalah melakukan perjalanan bersama keluarga dan keponakan. Ini momen yang sungguh berkesan karena sejak berangkat hingga kembali pulang, prosesnya sangat lancar, tidak ada hambatan.

Sementara hal yang perlu ditinggalkan dari diri sendiri adalah sifat malas. Ya, rasa malas ini sampai merambah ke penulisan blog ini. Tahun 2019 menjadi tahun dengan jumlah tulisan blog yang paling sedikit dari tahun sebelumnya.

Padahal sebenarnya banyak sekali yang ingin saya bagikan lewat tulisan, mulai dari cerita sehari-hari hingga momen-momen bepergian. Wah pokoknya ma.las.

Tahun 2020 akhirnya tiba, lalu apa yang bisa saya perbuat? Tidak ada. Saya hanya akan menekuni hal-hal yang memang telah saya rintis sejak lama yakni blogging, menonton film atau mengamati keadaan. Tahun 2019 saya banyak menonton film di bioskop. Namun hanya sebagian film saja yang bisa saya ceritakan lewat blog. Selebihnya, tertahan di bagian Draft dan tidak jadi dipublish. Sayang, kan…

Oleh sebab itu tahun depan saya ingin lebih giat lagi untuk bercerita yang dituangkan ke dalam blog. Tidak perlu tekad, yang penting kemauan. Belakangan ini minat baca saya memang agak menurun yang akhirnya berimbas pada kurangnya kata-kata yang dituturkan. Walaupun begitu, saya masih sempat menulis di blog lain.

Baca: Memang Jodoh: Cinta Sejati dan Kesetiaan Dua Sejoli

Berbagai peristiwa silih berganti mewarnai hidup di sepanjang tahun. Ada yang sedih ada yang gembira, ada yang mampu membuat terhanyut, ada yang bikin terhenyak. Seluruhnya bergabung membentuk satu kesatuan yang menghasilkan sesuatu bernama kegigihan.

Itulah harapan saya di tahun 2020; kegigihan dan pantang menyerah. Bisa dibilang ini modal saya untuk menyongsong tahun yang -antara pasti dan tidak pasti- ini. Dengan banyaknya kegagalan, setidaknya ada yang bisa diambil pelajarannya yaitu bermanuver dengan peran yang lebih baru lagi.

Selamat Tahun Baru 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *