Kaleidoskop 2014: Saatnya Berkaca

on

Tahun 2014 tinggal beberapa saat lagi kita tinggalkan. Adakah kesan-kesan baik yang menyenangkan atau mengesalkan yang bisa kita kenang? Pasti ada. Kalau gak ada berarti hidup kita datar sekali tak ada gejolak dan tak berkesan. Ini menurut saya lho. Sepanjang tahun ini tentu banyak sekali peristiwa baik nasional maupun internasional yang menarik perhatian kita sebagai orang awam. cbdda9f258bfc2d3853e5a487d73b0f8Dari masalah politik, sosial budaya, keamanan,  hingga kriminal semuanya ikut penuh mengisi lembaran-lembaran 2014. Peristiwa jatuhnya pesawat di lautan, kejahatan seksual yang melanda anak-anak JIS, sampai pembunuhan seorang mahasiswi yang cukup sadis ikut mewarnai di sela-sela perkara politik antara memilih Jokowi atau Prabowo. Terasa hingar-bingar dan membuat sesak berita karena sempat menyita perhatian berhari-hari. Orang membincangkannya karena merasa kasusnya sangat dekat dengan kehidupan kita. Dari kesemuanya memang berita tentang Jokowi dan Prabowo adalah yang paling sengit. Dan paling gres adalah naiknya harga BBM. Mengapa harus ada kata ‘BBM’ di tahun 2014? Bisakah kata ‘BBM’ tidak diutarakan selama 5 tahun ke depan?

Kalau saya sendiri sepertinya tak ada yang menonjol.  Artinya tak ada yang heboh tapi juga tak ada yang biasa-biasa saja. Peristiwa pertemanan, pertemuan dan perpisahan mendominasi ruang-ruang pikiran. Saya anggap peristiwa-peristiwa yang saya alami menjadi pembelajaran untuk di tahun berikutnya. Kalau yang paling disyukuri bagi saya sampai hari ini adalah kesehatan.  Sepanjang tahun hanya ‘kena’ sakit gigi mulai dari ngilu sampai akhirnya  cabut gigi. Ini menurut saya sesuatu banget karena saya seperti diingatkan bahwa gigi saja sudah mulai ada yang aus dan tak berfungsi lagi. Apalagi yang lain. Jadi menjaga lainnya agar tak cepat aus merupakan hal yang penting.

Memang di setiap awal tahun saya selalu memohon agar diberkati kesehatan karena menurut saya kesehatan itu paling esensial, paling penting di atas segalanya. Kita tak akan bisa berkarya melakukan hal-hal yang kita sukai apabila tubuh kita terganggu sekecil apa pun itu.

 Sebenarnya masih banyak kejadian yang berkesan sepanjang tahun 2014. Namun baik yang berkesan atau yang tidak, tetap ada kontribusi untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Silakan komentar