jalan-jalan

Main-Main ke Taman Pintar

September 19, 2019
Main-Main ke Taman Pintar

Kalau ke Jogjakarta jangan lupa untuk mendatangi Taman Pintar ya. Apalagi bila mengajak anak-anak, bisa dipastikan mereka akan senang dan suka dengan aneka permainan yang bernuansa edukasi di sana.

Kalau orang Jogja pasti sudah tahu lokasinya ya kan. Gak jauh dari Malioboro, Pasar Beringharjo, Museum Vredeburg, dan pusat buku bekas Shopping Center. Letaknya yang strategis ini sudah pasti akan jadi agenda tahunan untuk datang ke Jogja dan pastinya sayang kalau dilewatkan.

Keponakan saya yang sudah mulai memasuki sekolah dasar tahun ini rupanya senang banget diajak mengunjungi Taman Pintar Jogjakarta untuk yang pertama kalinya. Di tempat ini selain ada arena permainan yang sangat menonjolkan sain dan ilmu pengetahuan anak diberi kesempatan juga mengikuti program Kreativitas ( bayar lagi) dengan tema yang menarik bagi mereka.

Dengan hanya membayar Rp. 12.000 untuk anak-anak dan Rp. 20.000 untuk dewasa, kita akan dibawa menyusuri wahana, salah satunya Oval-Kotak yang berlandaskan iptek, tanah lingkungan, sejarah, kebudayaan, humaniora dll. Pokoknya Ada banyak yang ditawarkan wahananya. Kalau ingin lebih detail silakan buka situs webnya saja lewat Google.

Wahana Sains dan Teknologi adalah wahana yang paling menarik, karena disuguhkan dengan gambaran dan praktik yang cukup jelas.

Gak cuma wahana Fisika, wahana lain yang menyenangkan dicoba adalah Biologi serta sejarah tentang negara Indonesia…

Menurut saya pembagian wahananya sudah rapi, artinya pengunjung dibawa melintasi wahana demi wahana tanpa merasa bosan.

Bagi yang baru saja memasuki ruang-ruang di Taman Pintar, pasti sekeluarnya dari tempat ini akan merasakan hal yang sama; puas dan senang karena banyak sekali yang disuguhkan dan cukup mendidik. Paling menyenangkan adalah menyaksikan display tentang manusia yang mengayuh sepeda sementara di sebelahnya terpampang tubuh kita dalam wujud tengkorak ikut mengayuh bersamaan. Menakjubkan.

Saat paling ramai adalah saat musim liburan ditambah dengan suasana Lebaran. Bisa dibilang ini adalah puncak waktukunjungan yang sangat ramai, sepadat pengunjung jalan Malioboro. Cuma bedanya pengunjung Taman Pintar lebih didominasi anak-anak dari balita hingga usia SD-SMP plus keluarga yang mendampingi.

Jangan lupa perhatikan jadwal buka tutupnya, karena saya sempat kecele. Alih-alih datang pada hari Senin untuk meminimalisir penuhnya pengunjung, ternyata hari itu justru tutup karena ada renovasi salah satu gedung. Walhasil kami akhirnya mengubah rencana dengan mengunjungi tempat lain.

Silakan komentar

%d bloggers like this: