Menggugat Fungsi Blog

on

Beberapa hari lalu saya membaca suatu ulasan mengenai keberadaan blog di situs Yahoo. Pertanyaan yang diungkapkan adalah apakah saat ini penggunaan blog masih diperlukan untuk menyampaikan uneg-uneg atau pesan atau tidak lagi? Semakin banyak orang yang lebih mencurahkan pikiran lewat medsos Twitter adalah salah satu gejalanya.

chosen blog
chosen blog

Meski hanya menampung karakter sedikit tapi sukses memancing emosi pihak yang membaca dan langsung mendapat tanggapan. Lain dengan menulis blog yang butuh perenungan dan sedikit berpikir lebih lama dalam menuangkan idenya. Saya merasa ulasan itu agak tendensius karena seakan mengajak para blogger untuk meninggalkan kebiasaan menulis panjangnya. Namun tak bisa dipungkiri bahwa kenyataannya banyak blog yang memang digunakan bukan untuk menampung tulisan melainkan hanya semacam lapak berdagang. Ini yang membuat blog agak “menyimpang” dan dipandang sinis.

Tentu saja masih banyak blog yang benar-benar berisi tulisan bermanfaat bahkan sangat mencerahkan pikiran. Tetapi bila pada masanya nanti blog ditinggalkan, saya belum tahu seperti apa wadah untuk menuangkan segala macam urusan dan berbentuk tulisan panjang ini. Pada awalnya blog muncul seakan menjadi oasis bagi mereka yang kepingin tersalurkan bakat menulisnya atau sekadar ingin berbagi cerita lewat gambar. Seiring perkembangannya blog semakin maju dan eksis. Saya sendiri mengakui ada semacam misi positif yang diungkapkan dari tiap-tiap blog. Berbagai tulisan mengenai kuliner, perawatan bayi, perjalanan, ulasan buku, hubungan antar manusia, salah satunya sangat membantu pola pikir saya. Dan ini luar biasa. Saya merasa terbantu karenanya.

Maka apabila ada yang merasa blog sebentar lagi akan kehilangan pamornya menurut saya itu tidak tepat. Blog boleh saja hilang tapi hanya sesaat. Kemungkinan orang akan tetap tertarik untuk mencari artikel yang benar-benar ditulis oleh seorang blogger yang ahli dalam bidang itu atau sebaliknya justru orang yang awam. Itu tergantung keinginan. Dari sekian banyak fungsi blog  menurut saya yang paling penting adalah  si penulis mampu merangkai kata, kalimat, serta dapat membawa pembacanya ke arah yang lebih baik dan paham.  That’s a vital thing. 🙂

Silakan komentar