Menyiasati Gadget Untuk Anak Melalui Kids Center

“Aku pengen main lagi…”

“Aku mau lihat yang ini, yang ini, yang ini…”

Begitulah ucapan keponakan saya ( Ndaru, 4 tahun) bila diminta menghentikan tontonan yang ada di smartphone. Saya intip sebentar, ternyata ia sedang menonton video Masha and The Bear . Keponakan saya ini memang sedang senang menonton film yang ada di smartphone. Tangan mungilnya dengan cepat mampu memencet  Youtube lalu memilih sendiri film anak-anak yang terpampang di layar smatrphone.

Terkadang saya sampai heran bagaimana ia bisa dengan cepat mengetahui tontonan video atau filmnya lalu menemukan yang ia cari. Bagaimana kalau jemarinya nyasar ke tontonan dewasa? Apa tidak runyam?

Sempat saya berpikir  mungkinkah ada produsen ponsel yang  menyediakan aplikasi khusus anak dengan sistem pengaman dan pengawasan yang kuat? Dan kalaupun ada, bagaimana dengan kontennya?

Setelah browsing  via Google akhirnya saya menemukan satu jenis ponsel yang agaknya mampu menjawab pertanyaan serta mengantarkan  saya pada salah satu smartphone  yang ramah anak, Acer Liquid Z320.

Selayang Pandang Acer Liquid Z320 dengan Kids Centernya

Acer Liquid Z320 ini sebenarnya terbilang baru kemunculannya alias masih gres. Spesifikasinya cukup mumpuni dan  tampil keren. Dilihat dari desainnya memang tepat ditujukan untuk orang Indonesia yang genggaman tangannya tidak sebesar telapak tangan orang Barat. Dengan dimensi 136 x 66,5 x 9,6 mm dan bobot 142 gram berikut baterainya, sudut-sudutnya yang membulat cukup enak untuk digenggam dan elegan.

Berjalan dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 ponsel ini cukup membuat nyaman ditunjang dengan mudahnya pengoperasian dengan fitur yang canggih untuk di kelasnya. Tampilan ikon-ikonnya terlihat intuitif terutama di bagian notifikasi  dengan antarmuka ponsel lain yang sekelas dan mudah sekali digunakan.

Ada Empat Fitur Spesial

Selain memberikan kenyamanan dalam penggunaan, smartphone ini juga memiliki empat fitur spesial yang membuatnya terlihat menawan dan menarik perhatian anak-anak.

Smartphone ini bisa dibilang unik karena selain memiliki keunggulan seperti widget yang mengambang dan Bluelight Shield yang mampu mengubah karakter warna layar dan mengurangi efek sinar biru yang melelahkan mata, ponsel  ini juga  menyediakan Kids Center  yang sangat mendukung segala aktivitas anak yang berhubungan dengan permainan dan pembelajaran.

Bagi yang suka memotret makanan tersedia fitur Gourmet Mode yang dapat menganalisis fokus dan menyesuaikan temperatur warna sehingga menghasilkan foto hidangan yang nampak lebih menggiurkan dari aslinya.

Acer Liquid Z320 juga dilengkapi dengan DTS Studio Sound yang menjamin kualitas suara dari smartphone terdengar jernih dan terasa spesial. Acara mendengarkan musik seharian bakal menjadi agenda yang menyenangkan.

Di antara kelebihan-kelebihan di atas, yang berikut merupakan fitur paling spesial karena pertama kalinya smartphone ini memberikan  fitur khusus yang ditujukan untuk anak-anak yakni Kids Center.

Apa itu Kids Center?

Kids Center ini adalah sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai wahana permainan sekaligus pusat aktivitas kreatif anak yang ditanamkan ke dalam smartphone Acer Liquid Z320. Tampilannya dibuat berwarna-warni  agar disukai anak-anak dan  menarik perhatian.

Selain sebagai media pembelajaran dan bermain, konten-kontennya selalu diperbarui secara berkala (Update Content) dan bermanfaat di bawah pengawasan dari orangtua.

Terdiri dari berbagai macam ikon dan sangat mudah digunakan. Sebagai orangtua kita diharapkan bijak dalam merespon keinginan anak yakni dengan mengatur zona aman untuk anak, mana-mana saja konten yang baik dilihat anak dan yang tidak perlu. Saat fitur ini diaktifkan, maka anak hanya bisa melihat aplikasi tertentu yang sudah diatur sehingga memperkecil kemungkinan untuk melihat konten yang kurang baik.

Mudah memainkannya

Langkah awal dalam mengaktifkannya adalah dengan langsung mengklik ikon Kids Center, lalu silakan mulai melakukan proteksi, mengatur keamanan atau melihat ikon-ikon yang tertera di masing-masing aplikasi Kids Center.

Menawarkan Konten Edukasi

Selain menyediakan pusat aktivitas yang menyenangkan bagi anak, Kids Center juga menawarkan serta mengusulkan beberapa aplikasi yang sesuai serta permainan yang tentu saja aman dimainkan anak-anak. Mulai dari  permainan (game), situs web, kotak lukis,  bermain musik (piano), pasang kertas dinding, kamera, hingga video dari beragam tema, seluruhnya tersedia.

Parental Control

Dalam menerima berbagai arus informasi yang datangnya dari berbagai pihak tak hanya diri kita saja yang harus membekali diri dengan tameng, anak- anak pun  perlu diberi proteksi yang dapat melindungi mereka dari serbuan informasi yang kurang baik. Khusus di Kids Center, di sini disediakan Parental Control yang memiliki zona keamanan dan safe Environment agar anak tidak keluar dari fitur Kids Center.

Apa Saja yang Ada di Kids Center?

kids_opt

Kadang ada baiknya juga orangtua untuk melihat sekilas apa saja yang ada di dalam Kids Center ini. Jadi tak sekadar hanya membuat dan buka akun lalu menyerahkan ponsel begitu saja pada anak tanpa tahu apa yang sedang dilihat mereka lewat smartphone ini. Yuk kita tengok beberapa ikonnya:

1. Lebih Banyak Aplikasi (More Apps)

 

Di ikon ‘Lebih Banyak Aplikasi’ ini tersedia berbagai macam aplikasi lanjutan yang bisa diakses oleh anak-anak. Di sini tersedia aplikasi permainan puzzle, mewarnai dll. Jangan khawatir, seluruh konten ini sudah disesuaikan dengan  kebutuhan anak.

2. Video (Videos)

Ikon Video ini menyediakan lebih dari 40.000 video untuk anak yang tersebar di 120 channel. Seluruhnya khusus memiliki rating anak-anak dan aman. Isinya mulai dari fauna, film kartun atau film ilmu pengetahuan.

 

 

Tampilan untuk video ini dibuat berbeda dengan tampilan Youtube. Tak perlu cemas karena Acer sudah merancang agar anak tidak nyasar saat memutar video yang ternyata tidak sesuai dengan profil penggunanya. Jika perlu orangtua bisa mengaktifkan Extra Safe Zone yang dapat mengunci ponsel di Kids Center meski telah dinyalakan ulang.

3. Kotak Lukis (Paint Box)

Ikon Kotak Lukis ini berisi kegiatan mewarnai gambar seperti hewan atau gambar lucu lainnya yang dilengkapi dengan berbagai pilihan pensil atau cat warna untuk mewarnainya. Kegiatan ini menyenangkan karena anak dapat memberi warna pada gambar yang ia pilih sendiri sekaligus berimajinasi dengan aneka warna itu sendiri.

4. Kertas Dinding (Wallpaper)

Ikon ini mengajak anak untuk mengganti sendiri layar smartphone dengan kertas dinding yang ia sukai. Ada berbagai gambar kertas dinding yang bisa dipilih dan ini pasti menyenangkan baginya karena layar jadi terlihat lebih menarik.

5. Situs Web (Websites)

Ikon ini menyediakan beberapa situs film untuk anak dengan tokoh-tokoh yang tidak asing lagi seperti Barbie, Cars, Thomas and Friends, zoomumba.com atau film pengetahuan semacam National Geographic Kid.

6. Permainan (Games)

Ikon ini menyediakan berbagai macam permainan yang sangat menyenangkan. Anak akan merasa terhibur sekaligus terasah pikirannya karena permainan di sini sesuai dengan rating anak-anak.

***

Smartphone sebagai sebuah alat komunikasi hasil pengembangan terbaru dari teknologi merupakan produk penemuan yang mencengangkan. Betapa tidak, sebagai suatu alat yang awalnya hanya untuk berkomunikasi dan berkirim sms, smartphone kini berkembang dengan fitur-fitur canggihnya. Aplikasi yang melengkapi sebuah smartphone begitu banyaknya sehingga bila kita tak pandai memilah dan memilih maka kita akan bingung sendiri.

Kegairahan akan sebuah smartphone modern dijawab oleh para produsen dengan berbagai kemudahan sekaligus ketakutan. Maksudnya  semakin terbukanya arus informasi maka kedua sisi baik positif dan negatif akan selalu muncul beriringan. Sisi negatif perlu ditangkal. Lalu apa pencegahannya agar orangtua tak cemas dan khawatir melihat anak -anak bermain ponsel?

Pertimbangkan durasi bermain

Di masa pertumbuhannya anak-anak selalu diisi dengan bermain dan ini harus kita dukung dengan sebaik-baiknya. Meskipun untuk smartphone ada sedikit pengecualian. Saat ingin bermain dengan smartphone, selain memberikan toleransi kita juga harus membatasi durasi bermain dengan smartphone itu sendiri. Biasanya saya akan memberi waktu untuk keponakan saya bermain smartphone sekitar satu jam saja karena dilihat dari usianya, satu jam sudah cukup. Juga demi menghindari mata serta otot lehernya dari kekakuan dan kelelahan akibat tekun menatap layar smartphone.

Batasi konten

Anak biasanya serba ingin tahu dan cepat bosan dalam satu permainan dan cenderung untuk melihat-lihat tingkat permainan yang lebih tinggi lagi. Orangtua sebaiknya membatasi tapi juga menawarkan konten yang merangsang daya pikir mereka seperti memasang puzzle,  menyambung garis-garis putus suatu gambar, menebak gambar, memberi warna dll.

Menemani anak

Saat anak bermain dengan smartphone, kita sebaiknya tidak sibuk sendiri tapi ikut terlibat dengan terus mengawasi dari jauh karena tanpa kita dampingi dikhawatirkan anak akan menjelajahi situs yang kurang baik. Sebisa mungkin sembari menatap smartphone, anak diajak ngobrol agar ia tidak terlalu terpaku dengan yang terpampang di layar. Ada baiknya kita jelaskan juga situs yang tidak boleh ia kunjungi (pornografi) guna memperkecil rasa ingin tahunya.

Memilih perangkat yang tepat

Sekarang ini begitu banyak smartphone yang dijual tapi yang menawarkan fitur khusus untuk anak-anak hanya ada pada Acer Liquid Z320. Memang untuk saat ini orangtua harus bijak dalam menyikapi keingintahuan anak yang selalu ingin bermain ponsel. Selama dipakai untuk media pembelajaran, smartphone sah-sah saja dipakai. Namun ada baiknya kita bisa memilih smartphone yang khusus menyediakan berbagai permainan yang mampu mengasah kreativitas anak yakni Kids Center.

Fitur yang sudah pre-install di dalam Acer Liquid Z320 ini dapat digunakan sebagai media belajar dan bermain. Ada ribuan aplikasi edukasi untuk merangsang otak anak sekaligus mengasah daya kreativitas, lalu aplikasi permainan, aplikasi video, ditambah Parental Control untuk memantau aktivitas anak dalam berinternet.

Dengan begitu banyaknya kebaikan yang terdapat dalam Acer Liquid Z320, orangtua tak perlu cemas dan khawatir lagi dengan penggunaan smartphone bagi anak. Anak senang mendapatkan wadah untuk bermain secara interaktif yang ditemukan melalui fitur Kids Center, orangtuapun tenang karena Kids Center menjadi solusi aman dalam pemberian smartphone.

“Nah, sekarang aku mau nonton Pingu di Kids Center…!” seru Ndaru.

Silakan komentar