lomba

Mewujudkan Impian yang Tertunda Bersama Ralali.com

February 10, 2019

Menyebut kata resolusi seolah menjadi sebuah janji yang wajib ditunaikan. Ketika  harus diwujudkan meskipun hanya sebagian yang bisa dijalani maka itu menjadi beban yang terlalu berat. Banyak yang saya inginkan dan wujudkan melalui resolusi diantaranya, kesuksesan, pengakuan, keberuntungan, prestasi di dunia kerja, bahkan keakraban di dunia pertemanan. Namun hanya beberapa yang benar-benar terlaksana dengan baik.

Saat membuat resolusi kadang telah ada niat dengan tekad yang kuat untuk menjalani resolusi itu namun hasil akhirnya justru jauh dari yang dirancang sebelumnya alias melenceng tak karuan. Selalu ada rintangan untuk mewujudkannya dan gagal sebelum semua terselesaikan. Begitu dan begitu terus.

Ketika Tahun Baru datang menjelang dan mulai mencermati kualitas perjalanan hidup saya selama ini, inilah saatnya merombak resolusi yang telah usang lalu menggantinya dengan resolusi yang lebih segar, masuk akal dan yakin mampu untuk menjalaninya sesuai target.

Perenungan panjang akhirnya menyadarkan saya bahwa daripada membuat resolusi yang hebat namun selalu gagal, lebih baik membuat resolusi yang sederhana saja berisi tindakan yang menurut saya biasa namun  nantinya akan berdampak positif bagi kehidupan mental, spiritual bahkan finansial saya.

Resolusi sederhana untuk tahun 2019 itu apa? Menurut versi saya adalah sesuatu berupa ide segar, cemerlang, yang tidak muluk-muluk namun membutuhkan komitmen super duper tinggi agar tercapai dan juga konsistensi terutama di bidang bisnis yang baru saya jalani.

Setelah mengalami badai finansial yang cukup telak di tahun kemarin, saya akhirnya mulai menyadari bahwa semakin lama ternyata saya tidak bisa hanya mengandalkan gaji semata.

Penting sekali bila saya harus memiliki sekoci yang kedua berupa aset atau simpanan. Namun saya tak ingin hanya mengandalkan keduanya. Selain resolusi pribadi, ada resolusi lain yang justru ingin dicapai yakni resolusi bisnis saya di bidang usaha fotokopi. Sebenarnya ini sudah dijalankan namun karena saya masih ngantor usaha ini menjadi agak tersendat. Jujur saya masih berat sebelah dalam membagi pikiran antara bekerja di kantor dengan usaha ini. Namun akhirnya ada suatu pemikiran bahwa mungkin usaha inilah yang akan menjadi sumber penghasilan setelah tidak bekerja lagi dan mudah-mudahan maju. Bahkan bila dikelola dengan baik bukan tidak mungkin usaha ini bisa lebih besar keuntungannya dari sekadar gaji yang tiap bulan saya terima.

Bisnis usaha yang sudah saya miliki sebenarnya adalah usaha jasa fotokopi yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggal saya. Saya sudah melakukan semacam survei kecil-kecilan dan rasanya bisnis ini akan berkembang lagi bila saya lebih fokus dalam menata layanannya. Di samping itu juga karena belum ada yang membuka jasa fotokopi secara semi profesional dengan layanan yang cepat dan terpadu maka rasanya prospeknya akan cerah. Untuk membentuk sebuah usaha, disamping modal tentulah saya harus menyusun langkah agar bisnis ini maju ke depannya. Dan mumpung masih di awal tahun, saya ingin membuat semacam resolusi bisnis yang berhubungan dengan usaha saya ini.

Saya berencana untuk menambah layanan agar jasa fotokopi ini semakin banyak dihampiri oleh para pemakai jasa. Dan resolusi bisnis yang akan saya terapkan ini diantaranya adalah memaksimalkan layanan utama yakni jasa fotokopi serta mengembangkan unit layanan lain.

Resolusi penting yang bisa saya lakukan bila ingin memajukan usaha sekaligus memperbesar keuntungan adalah dengan melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.

Modal

Untuk awal sebuah usaha, menambah modal menjadi kunci pembuka yang mampu menentukan segalanya. Untuk usaha fotokopi ini syukurlah saya bisa menambahnya melalui sebagian dari penghasilan dan simpanan. Karena masih skala kecil, modal tambahan ini sebisa mungkin harus dipergunakan secara proporsional dan bisa impas.

Menambah Jenis Layanan

Selain usaha fotokopi ini saya juga ingin merambah jenis layanan lain yang tidak jauh-jauh dari bisnis utama. Saya berencana untuk membuka unit usaha lain yaitu desain grafis, percetakan (misal: buku yasin) atau penjilidan.

Gaya Penjualan: Jemput Bola

Gaya penjualan yang awalnya hanya menerima dan menanti orang untuk datang dan meminta fotokopi saja (artinya pasif, menunggu pembeli) menurut saya kurang maksimal. Tahun ini saya akan membuat gebrakan dengan layanan berupa jemput bola. Pelanggan bisa menghubungi via WhatsApp atau online, lalu kami akan lakukan antar jemput ( tergantung lokasi dan jumlah dokumen).

Karena usaha utama ini adalah layanan fotokopi beserta turunannya yang berupa penjilidan, percetakan dan desain grafis, pencarian bahan baku berupa jenis-jenis kertas dengan berbagai ukuran adalah hal yang paling mendesak dan mutlak demi menunjang kelancaran usaha. Selain itu agar nampak menarik, saya juga ingin ada produk-produk semacam stationery dan ATK tersedia agar dapat lebih menyemarakkan etalase usaha saya.

pinterest

Mencari Supplier

Awalnya saya masih bisa mengandalkan salah satu supplier kertas di daerah Tanah Abang dan sekitarnya. Namun keterbatasan waktu membuat order agak tersendat.

Kesulitan mulai terjadi saat supplier tidak bisa menyediakan apa yang kita butuhkan. Setelah browsing berbagai situs belanja dan nyaris kalang kabut, saya akhirnya melihat marketplace ini.

Dalam keputusasaan mencari peralatan dan segala macam penunjang usaha tiba-tiba Ralali.com muncul di mesin pencarian dan mampu memberikan solusi jitu dalam mengupayakan barang-barang yang saya inginkan. Di sini berbagai produk dari mulai air minum, kecantikan, kuliner, otomotif hingga suku cadang industri tersedia lengkap. Dari kebutuhan kantor hingga jasa kebersihan, Dari obat-obatan, alat bantu dengar sampai alat masak yang super besar untuk kebutuhan restoran semua tersedia.

Seakan menemukan jodohnya, barang-barang keperluan untuk unit jasa saya ternyata tersedia dan sesuai spesifikasinya di hanya satu tempat saja. Seperti misalnya saat saya harus mengganti mesin fotokopi dengan model yang lebih sesuai. Mesin fotokopi milik saya sudah berkurang kehandalannya, dan untuk membeli yang baru rasanya budget belum mencukupi. Solusinya adalah dengan menyewa mesin fotokopi.

Mesin fotokopi yang saya butuhkan selain bisa memfotokopi juga bisa memindai data dari dokumen (hard copy) menjadi berupa file format PDF atau gambar JPEG( soft copy), beresolusi tinggi, dengan maksimum ukuran kertas A4. Dan kita bisa mencari sewa mesin fotokopi dengan beragam fitur itu melalui Ralali.com.

Pun dalam pencarian bahan baku dari mesin fotokopi yakni kertas, saya mencarinya di situs ini juga. Bahkan di sini saya bisa membeli secara grosir dengan Minimum Order Quantity (MOQ) yang tentu saja sangat meringankan dari segi biaya.

Mengapa saya merasa terbantu dengan Ralali? Karena di era digital saat ini mustahil rasanya bila tak mengandalkan bantuan yang hadir dalam sekejap mata secara online.

Keunggulan Ralali.com

Ralali.com yang kini telah memiliki lebih dari 10.000 loyal customers, 2.000 vendor, lebih dari 250.000 produk serta lebih dari 100.000 unique visitors  setiap  bulannya, dalam peranannya sebagai platform marketplace B2B (Business to Business) terbesar cukup andal dalam menghubungkan bisnis yang satu dengan yang lainnya, antara supplier dengan pemilik bisnis lain, dan menyediakan apa yang dibutuhkan. Apabila tidak juga menemukan produk yang kita inginkan, tak perlu khawatir karena Ralali.com menyediakan fitur RFQ (Request For Quotation) yang dapat membantu kita mencarikan produk yang dimaksud cukup dengan mengisi form Permintaan Penawaran. Praktis dan sangat mudah bukan?


***

Meskipun tahun 2019 disebut tahun politik di mana urusan bisnis menjadi sangat rentan oleh isu-isu, tetaplah yakin bahwa usaha kita akan berjalan maju. Pakar Feng Shui Indonesia Jenie Kumala Dewi menegaskan bahwa tahun 2019 adalah tahunnya Babi Tanah di mana bisnis tak serta merta melonjak tinggi namun perlahan-lahan dan lambat laun menanjak serta mendatangkan untung bila dikelola secara konsisten, matang, dan dengan waktu yang tepat (Kumparan.com: Menakar Bisnis Paling Moncer di Tahun Babi Tanah)

Dalam mewujudkan suatu impian perlu adanya kerja keras, motivasi yang kuat, tidak setengah-setengah dan juga selalu berdoa agar selalu diberi kelancaran dalam berusaha.

Resolusi bisnis yang disusun ini menurut saya realistis, dan saya berharap impian usaha saya di bidang jasa fotokopi ini terwujud dengan baik, menemui keberuntungan dan dikenali banyak orang.

Area Copy Center yang saya impikan

Yang penting adalah bila produk yang saya miliki ini mulai berkurang, saya tak ragu lagi untuk selalu mengandalkan Ralali.com yang keberadaannya melebihi ekspektasi dalam pemenuhan barang-barang. Produknya lengkap, terjangkau dan update. Sesungguhnya melalui Ralali.com, bisnis saya berawal dari sini (Business starts here).

Silakan komentar

%d bloggers like this: