Naik Gaji?

on

Tadi siang saya mengikuti miting dengan GM. Sebenarnya hanya 2 divisi saja yang jadi peserta miting, tapi rasanya seperti mengikuti dengan banyak divisi.

Saya ikut miting terakhir sekitar 7 bulan lalu, tapi yang benar-benar dihadiri dan ikut bicara dengan GM ya, baru kali ini. Agenda utama yang mengisi kepala kita semua adalah apakah ada kenaikan gaji tahun ini? Dan seolah menjawab isu-isu yang selama ini berseliweran di lingkungan kantor, Pak GM langsung membuka miting dengan prolog yang menurutnya penjualan tahun ini menurun dibanding tahun sebelumnya, oleh karena itu dengan menyesal beliau bilang tak ada kenaikan gaji tahun ini. Saat saya mendengar ujung kalimat itu, segera saja saya tak merasa bergairah lagi untuk mengikuti miting ini. Waktu yang tersisa hanya digunakan untuk menertawakan rekan-rekan lain yang meski pembicaraannya berbelok-belok, toh muaranya adalah minta naik gaji.

Memang tak mudah untuk meminta naik gaji, meski dinaikkan cuma 50 ribu tapi tetap takkan bisa menutupi bahwa kita sebagai karyawan, tetap meminta lebih dan lebih.

Saat memandang wajah rekan lain yang sedang memaparkan uneg-unegnya, saya hanya membatin, ‘kalau kalian tak suka lebih baik mengundurkan diri saja, habis perkara’. Memang terdengar sarkastis tapi kadang saya memperhatikan banyak karyawan yang datang seenak perutnya tak peduli jam kantor sudah dimulai. Lalu apa pantas, mereka menuntut kenaikan tapi disiplin saja kurang? Dan baru terungkap di miting ini bahwa si Pak GM pun lebih memandang hasil ketimbang ribet dengan aturan. Menurut saya, ini malah memberi angin surga bagi mereka-mereka yang doyan datang telat.

Kalau yang dikeluhkan adalah potongan-potongan akibat telat, mengapa tidak datang lebih pagi? Mengapa harus potongannya yang dipersoalkan? Saya terus saja menatap wajah-wajah rekan yang bergantian bicara sementara di kepala saya tersirat ketidaksetujuan atas opini mereka.

Mengapa saya seakan berseberangan dengan mereka? Apakah saya orang yang tertib makanya saya merasa demikian?

 

Silakan komentar