Nyamannya Berkendara ke Pasar Ah Poong

Suara jingle iklan masih terngiang-ngiang di kepala karena masih merasakan nyamannya berkendara bersama Grand New Veloz…

Hari Minggu 15 Nopember 2015 lalu Toyota menggelar sebuah acara bertajuk One Day Challenge dengan titik kumpul di Plaza Semanggi Jakarta. Acaranya berupa menjajal nikmatnya berkendara memakai Grand New Avanza dan Grand New Veloz menuju Pasar Ah Poong Sentul.

Hari itu hari yang mengesankan karena saya akhirnya memahami bahwa tak hanya perjalanan apik saja yang dinikmati saat itu namun juga performa kendaraan yang keren. Apalah arti sebuah perjalanan tanpa adanya alat transportasi yang nyaman dan selalu memperhatikan keselamatan seperti Grand New Veloz ini.

Saya merasa beruntung bisa mencicipi kendaraan yang menawan ini. Setelah  mengagumi dari jauh dan hanya menatap saja bila bertemu atau berpapasan di jalanan, akhirnya saya bisa juga merasakan nyamannya bermobil menggunakan Grand New Veloz selama sehari penuh. Oh senangnya!

Baiklah, agar kesan yang sangat mendalam terhadap mobil ini tak menguap cepat-cepat, saya akan ceritakan segera karena saya sendiri pun tak sabar untuk membagi pengalaman ini. Jalan-jalan bersama Grand New Veloz, siapa yang gak iri?

Keberangkatan

Perjalanan takkan mungkin terjadi tanpa adanya sarana transportasi. Kendaraan dan kenyamanan adalah kunci penting demi suksesnya perjalanan itu sendiri. Perjalanan hanya bisa menghasilkan dua kesan yakni baik dan buruk. Dan menggunakan Grand New Veloz adalah  sebuah kebaikan yang tak tergantikan oleh apa pun juga.

Pihak Toyota telah menyediakan lima kendaraan baik Grand New Avanza atau Grand New Veloz dengan bermacam varian dan warna untuk mengangkut rombongan. Kebetulan saya bersama kenalan lainnya menumpang Grand New Veloz Black Metallic 1.5 A/T.

Pasar Ah Poong Sentul yang menjadi destinasi utama ini terletak di wilayah Bogor sehingga rute yang tepat  untuk menjajal kemampuan mobil ini adalah melalui tol Jagorawi. Saat melewati tol, kendaraan melaju dengan kecepatan sedang karena selain akhir pekan ini banyak sekali yang melintasi tol dan sebagian besar adalah mobil keluarga, juga dengan jarak yang hanya sekitar 40 km saja antara Jakarta-Sentul tak perlulah kita terburu-buru untuk menyudahi nikmatnya kabin dalam Grand New Veloz.

Dalam mengawali perjalanan, lalulintas dari Jakarta agak tersendat akibat banyaknya mobil yang hendak ke luar kota. Namun selewatnya dari Rest Area di KM 10, perjalanan terasa lancar tanpa hambatan.

Eksterior

Setelah menyaksikan dari dekat ternyata penampilan mobil ini memang lebih bagus. Ini tak mengada-ada. Tampilan luarnya cukup elegan, lebih sporty dan menurut saya lebih garang. Desain velgnya apik, lampu reflektor yang berbentuk bulat di belakangnya menjadi pembeda paling penting untuk perjalanan malam hari.

Ciri mobil veloz 1.5

Interior

Saat pertama kali memasuki kendaraan, sejenak nafas saya tertahan. Ada rasa takjub karena tampilan interior terutama warna dasbor hitamnya  sangat elegan, demikian pula joknya yang berlapis kain bermotif warna hitam yang lebih lembut bila dipegang. Nuansa kemewahan benar-benar terasa di kabinnya. Sejak mesin dihidupkan, suara yang terdengar sangat halus. Apalagi untuk perpindahan gigi 4 percepatan otomatisnya lebih mulus lagi. Menurut Mas Adit yang kebagian menyetir mobil ini, transmisi pintar ini mampu menyesuaikan kebutuhan pengendaranya. Jadi saat berada di posisi D dan ingin mengurangi kecepatan, otomatis transmisi pindah ke gigi bawah.

Kabin terasa senyap tidak bising seperti kendaraan lainnya karena  pihak Toyota telah menanamkan firewall berlapis peredaman di kabin mesinnya sehingga saya nikmat mengobrol selama perjalanan. Seakan tak sadar bahwa kami ternyata bicara dalam kendaraan yang sedang melaju. Ruang untuk meletakkan kaki juga sangat lega. Aura kemewahan terlihat juga dari perangkat audio yang sangat stylish dan berwarna piano black.

481edit-1

Salah satu poin dari perjalanan adalah kenyamanan. Dan ini sangat ditonjolkan oleh pihak Toyota pada saat mobil menjelajahi jalur dalam kota hingga ke Sentul City. Melintasi jalan yang lurus dan mulus mungkin tidak terlalu ada hempasan yang berarti. Lain halnya pada saat melewati kawasan Sentul City yang berupa jalan aspal biasa. Dan karena mobil yang saya pakai jenisnya matic, maka  hentakannya terasa halus saat perpindahan giginya.

Selain diperkuat oleh ban yang handal dari merk ban ternama, dua komponen penting lainnya yakni spring dan shock absorber cukup berkontribusi sehingga menjadikan suspensi bergerak lebih lembut. Menurut saya ketebalan busa jok mobil juga menjadi salah satu yang membuat pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman di sepanjang jalan.

Posisi kemudi terlihat lebih enak. Saya perhatikan Mas Adit cukup nyaman dalam mengendarai mobil ini. Jangkauan pedal koplingnya sangat luwes dan tidak cepat membuat lelah. Tarikan terasa ringan yang  berimbas pada laju kendaraan terutama saat melintasi jalan tol.

Seperti yang saya bilang di awal, perjalanan ini sangat berkesan karena telah mampu menumbuhkan pengertian bahwa mobil ini memang stylish, sporty dan cocok untuk keluarga.

Selayang Pandang Pasar Ah Poong

kartu pasar ah poongJelang pukul 13.50 wib sampailah di tujuan utama, Pasar Ah Poong. Suasana teduh menyambut seisi mobil yang sudah mulai kelaparan. Setelah menerima kartu deposit yang telah diisi saldo sebesar Rp. 150 ribu, satu persatu mulai mencari hidangan yang diinginkan di kedai-kedai yang tersebar baik di area A atau B. Ada untungnya juga saya dan teman-teman datang agak lewat dari jam makan siang, karena kabarnya tempat ini sangat penuh bila jam makan siang  tiba, apalagi pada hari Minggu.

502-edit1

Ah Poong (baca: Apung) merupakan destinasi kuliner yang sedang ngetren dan kekinian. Saya rasa semua yang pernah berkendara menuju Sentul takkan melewatkan begitu saja tempat yang sangat populer ini. Mengapa demikian? Karena tempat  seluas 3,5 hektar ini unik dan berada tepat di sisi sungai yang berwarna kecokelatan tapi bersih dari sampah itu.  Sambil makan dan minum kita akan disuguhi pemandangan hilir mudiknya perahu melintas di sungai Cikeas yang panas.

Untuk menaiki perahunya gratis tapi tak ada salahnya memberi tip sekadarnya pada bapak pengayuhnya. Oh ya, jika saldo di kartu deposit masih tersisa banyak dan kita sudah kekenyangan, kita bisa menguangkannya kembali.

ah poong ecopark

Selain kawasan kulinernya, untuk anak-anak tersedia tempat bermain yang sangat memanjakan imajinasi sekaligus pengetahuan bernama Eco Artpark. Ada pula taman patung dengan Optimus Prime-nya sebagai ikon dan spot untuk berfoto ria.  Yang jelas mendatangi Pasar Ah Poong menggunakan kendaraan keluarga semacam Grand New Veloz akan meninggalkan sensasi yang menyenangkan.

Perjalanan Pulang

Setelah puas berwisata kuliner dan mengambil beberapa foto, akhirnya tepat pukul 16.30 wib saatnya untuk  memulai perjalanan pulang. Suasana mendung tebal sungguh membuat ciut perasaan seakan menjadi tanda bagi rombongan untuk segera  bersiap-siap menaiki kembali Grand New Veloz.

Di perjalanan kami sempat mampir ke tempat rest area terdekat untuk mendapatkan goodie bag. Sebagian memang ada yang tidak mampir dan lebih memilih untuk langsung pulang.

Saat terkepung macet  di jalan tol, turun hujan deras disertai angin kencang. Mas Adit dengan sigap menyalakan lampu kabut dan memutuskan untuk sedikit mengurangi kecepatan guna menghindari kejadian yang tak diinginkan. Memang sore itu hujan turun cukup menakutkan karena disertai angin dan mobil terasa bergerak lamban akibat angin yang menampar ke segala arah. Bagusnya, segala hempasan air hujan di luar tak terlalu berpengaruh di dalam mobil. Kabin yang senyap adalah penyelamatnya.

Pandangan ke depan memang  berkabut (blur) dan memaksa Mas Adit mengendarai mobil perlahan-lahan serta mengatur jarak aman antar mobil di depannya minimal 50 meter. Sabuk pengaman pun harus tetap terpasang. Perjalanan terasa lebih nyaman  ditingkahi suara lembut dari radio FM.

Slogan Toyota Safety Leader benar-benar diterapkan di sini. Sepanjang perjalanan mobil benar-benar menerapkan keselamatan dengan selalu berhati-hati dan tidak menyalip sembarangan di tengah jalanan yang licin dan basah. Dalam perjalanan  terasa sekali mobil ini sangat bertenaga dan irit BBM. Mobil yang saya tumpangi ini tidak sekali pun mampir ke SPBU.

Sekitar pukul delapan malam akhirnya saya tiba di rumah. Perjalanan pergi pulang  yang lancar ini tak lepas dari dukungan Toyota dan Carioz Network yang telah memberi ruang bagi saya untuk mengenali lebih dekat  Grand New Veloz melalui perjalanan ke Sentul. Sebuah pengalaman baru telah tersemat di benak dan kesan mendalam terpatri dengan lekat.

kesan veloz

***

Sayup-sayup suara jingle iklan itu masih terdengar. Hhmm, Grand New Veloz agaknya mampu mengubah pandangan saya dan dunia.

You change the world, you change of me, let’s show the world…!

 

 

 

 

 

One Comment Add yours

Silakan komentar