Pengalaman Membuka Yahoo! Mail Default di Iphone Akibat Ganti Password

Wow, ini judul posting terpanjang yang pernah saya tulis.

Pernahkah Anda diminta mengubah password oleh Yahoo! Mail lalu ketika ingin mengecek   di ponsel ternyata tak ada satu pun surel (e-mail) yang muncul di  layar ponsel? Saya baru saja mengalaminya. Jadi ceritanya  Yahoo! Mail ini meminta kita untuk mengubah password demi keamanan. Saya pun langsung mengubah password lama ke password baru. Perubahan ini dilakukan di layar komputer.  Saya tak sadar ternyata perubahan password ini membawa konsekuensi dan  kerumitan tingkat tinggi sesudahnya terutama pada saat akan dibuka di layar ponsel.

Ketika  saya  ingin melihat e-mail masuk melalui ponsel, saya bingung mengapa tak ada e-mail yang muncul sepanjang hari itu. Setelah diingat-ingat bahwa e-mail tak bisa masuk karena saya telah mengubah password, akhirnya dengan ringan saya pun langsung mengubah setting password di ponsel saya. Pikir saya kalau sudah diubah password di iphone, pasti urusan e-mail akan lancar kembali. Nyatanya tidak sama sekali. Bahkan ponsel ini berulang kali menyuguhkan kata-kata …” cannot verify server identity…”

cannot-verify

Kebetulan pula ponsel  iphone  yang saya miliki ini terkenal akan kerumitan dan berbelit-belitnya prosedur dalam hal setting-menyetting. Jadi ya, agak memakan waktu.

Ternyata mengubah password  via iphone tak semudah membalikkan telapak tangan. Pada awalnya hanya mengikuti langkah: Settings-Mail, Contacts, Calendars-Yahoo!-Account-ubah di bagian password-Done. Namun ternyata tidak ada hasilnya meskipun dilakukan berulang-ulang dengan berbagai kombinasi dari mulai mengubah SMTP-nya atau IMAP-nya (percayalah singkatan-singkatan ini tetap bikin pusing).

Dalam salah satu pencarian lewat Google, ada yang memberi ide untuk membuat akun baru dengan memilih Add Account namun pada akhirnya tetap saja tak berhasil. E-mail tetap tak ada yang muncul dan tidak bisa dibuka. Google memang memberi banyak kontribusi dalam membantu memecahkan kebingungan saya. Namun hasilnya tetap nihil. Tak satu pun yang bisa memberi solusi lebih bagi Yahoo! Mail saya.

Akhirnya karena sudah buntu dan perlu cepat menerima e-mail, saya memutuskan  untuk memasang aplikasi yahoo mail lain yang ada di App Store. Begitu banyak  aplikasi mail bertebaran akhirnya saya memilih aplikasi e-mail dari MyMail.  Aplikasi Mail ini cukup menghibur hati karena dilengkapi fitur yang menawan seperti icon dan avatar yang berbeda sekali dari Yahoo! Mail tradisional. Warna-warni dan segar.

Tak berapa lama masuk e-mail berisi keterangan bahwa saya telah memilih aplikasi mail yahoo yang tak sesuai dengan yang direkomendasikan pihak Yahoo! Pemilihan aplikasi mail yahoo yang tak pas ini dikhawatirkan akan berakibat semakin rentannya keamanan akun dan berpeluang disusupi aneka gangguan.

Apabila tetap ingin memakai aplikasi mail yahoo yang non-recommended, Yahoo! Mail memberikan solusi yakni membolehkan pemakaian aplikasi mail dengan konsekuensi sign-in yang rentan keamanan.

mail-yahoo

Tak ada jalan lain kecuali memilih Turn On  meskipun tidak aman.

Tak sampai satu jam,  ajaibnya mail Yahoo default yang saya nanti-nantikan dan utak-atik  semalaman itu akhirnya muncul iconnya di layar ponsel yeei!  Ini mengejutkan karena bagaimanapun saya merasa lebih suka dengan mail default  dari Yahoo! ketimbang aplikasi lain, Namun aplikasi lain yang baru juga sayang untuk dihapus karena tampilannya menawan. Walhasil hingga hari ini aplikasi mail yahoo yang baru itu tetap saya pertahankan alias mail yahoo saya ada muncul dengan dua ikon di layar ponsel.

Begitulah pengalaman saya saat mengubah password Yahoo! Mail. Hikmahnya adalah jangan gegabah dan terburu nafsu untuk mengganti apa pun yang berkaitan dengan password karena ternyata urusannya menjadi sangat panjang dan membingungkan.  Pikirkan dengan matang sebelum mengubahnya. Apakah memang perlu diubah atau tidak.

 

 

 

Silakan komentar