Sense8 S1

  • Tayang perdana : 5 Juni 2015
  • Network : Netflix
  • Pemain : Aml Ameen, Bae Doona, Jamie Clayton, Tina Desai, Tuppence Middleton, Max Riemelt, Miguel Angel Silvestre, Brian J Smith,
  • Bintang tamu: Naveen Andrews, Daryl Hannah, “Van Damme”
  • Genre : Sci-fi, Drama,
  • Episode : 12
  • Rating : 8,5/10

Seandainya di suatu ruang terdapat hati dan perasaan yang saling  terhubung  dalam satu gelombang dan frekuensi dengan hidup yang saling berpencaran, betapa menyenangkan hidup di bumi ini. Masing-masing individu akan selalu sigap  membantu, saling mengingatkan dan berbagi perasaan tanpa ada pamrih.

Sense8 berkisah tentang delapan anak muda yang awalnya tak saling mengenal dan berhubungan. Mereka hidup saling berjauhan tempat bahkan antar benua. Will (Smith), Riley (Middleton), Capheus (Ameen), Sun (Bae), Lito (Silvestre), Kala (Desai), Wolfgang (Riemelt) dan Nomi (Clayton).

Meski berlatar belakang budaya berbeda, kesemuanya memiliki kesamaan yakni pernah menyaksikan kematian wanita bernama Angelica (Hannah) dan mendapati diri mereka saling terhubung dalam ‘sensate’ yakni perasaan  baik secara emosi ataupun  mental untuk bisa saling memahami bahasa, berkomunikasi dengan individu lain, atau  saling terhubung secara dekat. Segala  sepak terjang kedelapannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari selalu dibantu oleh  sensate lain bernama Jonas (Andrews) yang melindungi mereka dari sergapan sensate lain yakni The Whispers. Bisa dibilang The Whispers ini adalah tokoh jahat yang selalu mengejar dan mencari kedelapan orang  untuk dimusnahkan.

sensecast

Seperti biasa dalam menonton serial diperlukan kesabaran untuk mendedah satu demi satu karakternya, demikian pula  dalam Sense8 ini . Ada 8 tokoh dengan 8 sifat dan 8 tempat yang selalu berbeda-beda yang ditunjukkan di setiap episodenya. Pengenalan awal sangat penting karena dari tokoh ini nantinya akan muncul subplot baru dengan berbagai permasalahan yang baru pula.

Sutradara serial ini adalah Wachowski bersaudara – Andy dan Lana- yang pernah  menciptakan film-fim bagus, antara lain The Matrix dan V for Vendetta. Tak heran serial ini dipastikan takkan melenceng dari decak kagum oleh kecemerlangan ide mereka.

Membicarakan Sense8 berarti mengetengahkan isu yang sangat  sensitif, LGBT.  7aada22bdcaa2397fcf4b2c523cbd3a7Sebagai sebuah serial film dewasa, hal-hal seperti ini pasti masih tabu dibicarakan di Indonesia dan untuk menontonnya diperlukan hati yang bijak karena nyaris di setiap episodenya  akan selalu ada adegan-adegan dimana LGBT begitu leluasa disuguhkan. Sang sutradara sendiri , Lana adalah sosok transgender, maka tak perlu heran filmnya lebih menyoroti sisi lain dari penderitaan penyandang LGBT. Namun di luar masalah ini, filmnya sendiri menarik, sangat menarik saya bilang. Semacam ide telepati yang mungkin sulit diwujudkan dalam film dengan 8 tokoh yang hidup berpencar-pencar namun dengan mudah bisa divisualisasikan secara dramatis oleh The Wachowski.

sense8ep7
sudut-muram-Wolfie

Dalam tiap episodenya satu persatu dikupas permasalahan tokohnya. Dengan profesi yang berbeda-beda seperti bloger, DJ,  polisi, pencuri, wanita karir, pegawai farmasi, supir bus,  dan aktor  kita akan merasakan kedekatan dan tak asing dengan kehidupan mereka yang sangat membumi. Ada yang terlahir kaya, miskin, mahir beladiri, kecanduan, wanita karir  bahkan dipaksa dijodohkan. Kemiripan mereka adalah sama-sama terlahir pada 8 Agustus dan berusia di rentang 20-30 tahun.

Alur cerita sangat meliuk-liuk karena melibatkan berbagai negara dan tokoh  terlebih subplotnya juga mengesankan. Menonton serial ini harus dengan hati terbuka dan tanpa ada pretensi apapun. Bagi saya, latar budaya dan tempat menjadi nilai tertinggi dari serial ini. Dari Kenya, Nairobi adegan bisa cepat berpindah ke Seoul, Korea atau Jerman yang suram . Kita bisa menyaksikan bus yang dipakai Caphaeus  yang berbanding terbalik dengan gedung pencakar langit kota Seoul. Ada semacam kontradiksi dan kegamangan yang melanda pikiran para pelaku yang berdiam di kota itu.

12d0296ebc37e2b59eb155d2f6af702aAdegan demi adegan meluncur dengan sewajarnya, tidak terlalu lamban atau cepat. Seluruh bumbu dimasukkan. Ada perkelahian penjara, kejar-kejaran di tengah padatnya lalu lintas kota Nairobi, adegan mellow di tengah salju yang menggigit dan sedihnya Lito ditinggal pacar semuanya mewarnai keberagaman cerita.  Adegan menarik menurut saya adalah saat Lito menemukan kesadaran bahwa karir tak ada artinya dibandingkan cinta sejati dan persahabatan. Sementara perkelahian menjadi hal yang memancarkan unsur maskulin dan harga diri.  Namun tak ada adegan yang seindah kelahiran mereka semua. Bagi saya inilah adegan paling spektakuler .

Seperti biasa di akhir tayangan selalu akan menyisakan rasa penasaran  bagi pemirsa. Meskipun masih bertanya-tanya apa peran The Whispers yang mengejar para anggota sensate, sebagai penonton kita hanya bisa bersabar menanti kelanjutannya di musim ke-2nya. 252343a4ba4f25360717f7bc3df3f08cKedelapannya menarik  namun karakter favorit saya adalah Lito, Sun dan Caphaeus.  Tak lupa opening songnya juga cukup menggebrak. Semoga tambah seru.

 

 

 

 

 

 

Silakan komentar